FAQ


  FAQ

         ___

1. FAQ Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)

Apakah Mahasiswa Wajib Mempunyai KTM ?

Jawab :

Iya, KTM sebagai kartu identitas untuk memudahkan perguruan tinggi dalam mengidentifikasi mahasiswanya. Kartu yang dimiliki mahasiswa ini biasanya digunakan sebagai tanda pengenal ketika akan mengurus hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan akademik maupun non-akademik, biasanya tiap perguruan tinggi akan memberikan Kartu Tanda Mahasiswa kepada mahasiswa baru.

Bagaimana Prosedur Pembuatan Jika KTM Hilang atau Rusak ?

Jawab :

Mahasiswa Mengisi form formulir kehilangan yang telah di sediakan ITK.Unit Layanan Terpadu untuk di lakukan verifikasi dokumen. Datang ke kantor polisi untuk meminta surat keterangan kehilangan KTM. Mahasiwa Menyertakan KTM yang rusak apabila rusak. Mahasiswa datang ke Bank dengan melampirkan dokumen kelengkapan. Khusus mulai Tahun Angkatan 2020 menggunakan KTM-ATM proses pencetakan oleh BANK BNI.

Apa Itu Surat keterangan Pengganti KTM Sementera ?

Jawab :

KTM Sementera ialah sebagai pengganti KTM kartu yang masih dalam proses pembuatan. Yang memiliki fungsi yang sama dengan KTM kartu untuk menunjukukan identitas ke mahasiswaan dan dapat digunakan untuk kegiatan akademik maupun non-akademik.

2. FAQ Surat Aktif Kuliah

Apa Itu Surat Aktif Kuliah atau Surat Aktif Studi ?

Jawab :

Surat aktif kuliah adalah adalah suatu surat yang dikeluarkan oleh Akademik ITK yang menjelaskan bahwa mahasiswa sebagaimana termaksud pada surat tersebut berstatus aktif mengikuti perkulihan di semester tertentu.

Surat Aktif Kuliah Dapat Digunakan Untuk Apa ?

Jawab :

Surat aktif kuliah dapat dipergunakan untuk keperluan seperti : Melengkapi persyaratan daftar gaji/tunjangan orang tua/wali PNS, anggota TNI/POLRI atau Pensiunan PNS/TNI/POLRI. Melengkapi syarat untuk mendapatkan beasiswa. Melengkapi syarat mengikuti lomba atau kegiatan tertentu lainnya.

Berapa lama Proses Penerbitan Surat Aktif Kuliah ?

Jawab :

Jika prosedur dan verifikasi benar proses pengerjaan dalam 2 hari kerja.

Bagaimana Pengambilan Surat Aktif Yang Sudah di Ajukan Permohonannya ?

Jawab : 

Pengambilan dokumen dapat dilakukan 2 cara, Informasi softcopy untuk email ITK anda dan pengambilan hardcopy di Unit Layanan Terpadu.

3. FAQ Kartu Hasil Studi (KHS)

Apa Yang Di Maksud KHS ?

Jawab :

KHS (Kartu Hasil Studi) merupakan catatan hasil studi mahasiswa untuk mata kuliah yang telah ditempuh. Pada KHS akan menampilkan nilai hanya dari mata kuliah yang telah diambil pada KRS.

Bagaimana Cara Melakukan Permintaan KHS Yang Sudah Menerima Pengesahan ?

Jawab :

Permintaan KHS dapat dilakukan melalui link permohonan yang sudah disediakan.

Bagaimana Pengambilan KHS Yang Sudah di Ajukan Permohonannya ?

Jawab : 

Pengambilan dokumen dapat dilakukan 2 cara, Informasi softcopy melalui email ITK anda dan pengambilan hardcopy di Unit Layanan Terpadu.

4. FAQ Legalisasi Dokumen Kelulusan Alumni

Bagaimana Proses Pengajuan dan Pengambilan Legalisasi Dokumen Kelulusan ( Ijazah, Transkrip, SKPI, dan Piagam)?

Jawab :

Proses legalisasi dapat dilakukan 2 cara :

Online :

Silahkan mengunjungi link yang sudah di sediakan, serta melalukan pengisian data diri anda dengan benar dan setelah itu upload dokumen sesuai ketentuan dan jelas agar dapat di proses ketahap selanjutnya. Pengambilan Hardcopy dokumen menunjukan bukti input dan untuk Softcopy akan di kirimkan ke email anda.

Offline :

Silahkan anda untuk menyerahkan dokumen anda dengan masing-masing 5, kebagian Unit Layanan Terpadu untuk memperoleh stempel dan pengesahan. Pengambilan Dokumen harus melakukan pengisian pemohonan dan menunjukan kebagian Unit Layanan Terpadu.

5. FAQ Legalisasi Dokumen Mahasiswa Aktif

Bagaimana Proses Pengajuan dan Pengambilan Legalisasi Dokumen Mahasiswa Aktif ( Surat Aktif, Transkrip Nilai, Surat Keterangan lulus, dan KHS)?

Jawab :

Proses legalisasi dapat dilakukan 2 cara :

Online :

Silahkan mengunjungi link yang sudah di sediakan, serta melalukan pengisian data diri anda dengan benar dan setelah itu upload dokumen sesuai ketentuan dan jelas agar dapat di proses ketahap selanjutnya. Pengambilan Hardcopy dokumen menunjukan bukti input dan untuk Softcopy akan di kirimkan ke email anda.

Offline :

Silahkan anda untuk menyerahkan dokumen anda dengan masing-masing 5, kebagian Unit Layanan Terpadu untuk memperoleh stempel dan pengesahan. Pengambilan Dokumen harus melakukan pengisian pemohonan dan menunjukan kebagian Unit Layanan Terpadu.

6. FAQ Permintaan Surat Tidak Sedang Menerima Beasiswa

Bagaimana Melakukan Permintaan Surat Tidak Sedang Menerima Beasiswa ?

Jawab :

Melakukan download formulir dokumen di link kemahasiswan dan pengisian dokumen. Menyerahkan formulir yang sudah di tanda tangan di atas meterai tersebut ke bagian Unit Layanan Terpadu untuk melakukan verikasi, Jika di setujui dokumenkan masuk ketahap pemberikan pengesahan dari Wakil Rektor Bidang Akademik.

Bagaimana Proses Pengambilan Dokumen Surat Tidak Sedang Menerima Beasiswa Yang sudah di Ajukan ?

Jawab :

Pengambilan dokumen dapat dilakukan Ketika anda sudah memperoleh informasi melalui email ITK atau WA di Mobile anda untuk pengambilan hardcopy di Unit Layanan Terpadu.

7. FAQ ULT

Apa itu Unit Layanan Terpadu?

Jawab :

Unit Layanan Terpadu berupaya menjawab kebutuhan mahasiswa dan masyarakat dalam lingkup pengguna informasi dan layanan yang berkenaan dengan eksistensi Institut Teknologi Kalimantan. Serta menyelenggarakan pelayanan informasi publik dalam pelayanan, pengaduan, aspirasi publik dan menyelenggarakan survei kepuasan publik.

8. FAQ UKT

Apakah bayar UKT Bisa di ATM/Teller/Mbanking?

Bayar UKT Bisa Via ATM, Setor Tunai di Teller dengan menyebutkan nomor virtual account, dan Internet Banking dengan catatan Wajib sesama bank

Bagaimana transfer Virtual Account Mandiri via M banking?
  • Login ke Aplikasi Mobile Banking
  • Setelah login, tekan “Ikon Menu” di sebelah kiri atas. Pilih menu “Pembayaran”
  • Selanjutnya pilih “Pembayaran Baru”, lalu Pilih “Pendidikan”
  • Kemudian tekan “Penyedia Jasa” dan pilih masukkan kode Institusi (10085).
  • Setelah itu pilih “No. Virtual”. Masukkan nomor Virtual Account kamu dengan kode “10085”, kemudian pilih “Tambah Sebagai Nomor Baru”.
  • Masukkan jumlah biaya pembayaran, lalu pilih “Konfirmasi” dan “lanjut”.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan konfirmasi pembayaran. Pastikan semua informasi dan total tagihan sudah benar.
  • Jika sudah benar, scroll ke bawah dan pilih “Konfirmasi”.
  • Kemudian masukkan PIN kamu dan pilih “OK”.
  • Transaksi selesai dilakukan.
Bagaimana transfer Virtual Account Mandiri via ATM?
  • Masukkan ATM, input pin Anda.
  • Pilih menu Bayar/Beli
  • Pilih menu Pendidikan.
  • Masukkan kode Institusi (Institut Teknologi Kalimantan: 10085)
  • Masukkan kode bayar (no VA) yang sudah kamu dapat dari Kampus
  • Pastikan tagihan yang kamu bayar sesuai
  • Konfirmasi pembayaran sesuai nominal, tekan OK.
  • Transaksi selesai
Bagaimana transfer Virtual Account BNI via M banking?
  • Akses BNI Mobile Banking dari handphone kemudian masukkan user ID dan password.
  • Pilih menu “Transfer”.
  • Pilih menu “Virtual Account Billing” kemudian pilih rekening debet.
  • Masukkan nomor Virtual Account Anda dengan format Virtual Account adalah 98800684 + NIM (contoh: Mahasiswa NIM : 11151025 Virtual Account nya 9880068411151025) pada menu “input baru”.
  • Tagihan yang harus dibayarkan akan muncul pada layar konfirmasi
  • Konfirmasi transaksi dan masukkan Password Transaksi.
  • Pembayaran Anda Telah Berhasil.
Bagaimana transfer Virtual Account BNI via ATM ?
  • Masukkan Kartu ATM Anda.
  • Pilih Bahasa.
  • Masukkan PIN ATM Anda.
  • Pilih “Menu Lainnya“.
  • Pilih “Transfer“.
  • Pilih Jenis rekening yang akan Anda gunakan (Contoh: “Dari Rekening Tabungan”).
  • Pilih “Virtual Account Billing
  • Masukkan nomor Virtual Account Anda dengan format Virtual Account adalah 98800684 + NIM (contoh: Mahasiswa NIM : 11151025 Virtual Account nya 9880068411151025)
  • Tagihan yang harus dibayarkan akan muncul pada layar konfirmasi
  • Konfirmasi, apabila telah sesuai, lanjutkan transaksi.
  • Transaksi Anda telah selesai.